film merantau

“Merantau”, film yang diangkat dari tradisi merantau adat Minangkabau bercerita seorang cowok yang pergi merantau ke Jakarta dengan bekal kepandaiannya bersilat.

Pemuda perantauan bernama Yuda (Iko Uwais), ketemu dengan seorang anak yatim piatu, Adit (Yusuf Aulia) dan kakaknya Astri (Sisca Jessica) yang diculik dan mau dijual oleh gerombolan penjahat yang dipimpin sama seorang bule Eropa berhati batu, Ratger yang dimainkan sama aktor dari Denmark Mads Koudal, dan tangan kanannya Luc diperankan Laurent Buson aktor asal Perancis.

Untuk membebaskan kakak beradik ini, Yuda mau enggak mau harus menggunakan jurus silat harimau yang didapat dari kampung halamannya untuk melawan anak buah Ratger. Dan aksi pukul memukul memenuhi cerita dalam film Merantau. Enggak cuma masalah dengan gerombolan penjahat itu saja, Yuda harus menjaga kedua saudara itu dari gangguan para preman yang ada di jalanan Kota Jakarta.

Kalau ditonton lebih serius, film ini agak mirip sama film yang judulnya “Ongbak” produksi dari Thailand atau umumnya lagi mirip film action Hongkong yang biasa dimainkan sama Jacky Chen atau Jet Lee. Karena Yuda harus bertarung sendirian menghadapi para musuhnya. Tapi kalau dinilai sih, aksi yang ada di “Merantau” bisa dikatakan bagus karena adegan pukul-pukulannya enggak kelihatan bohongan, semuanya terlihat natural.

Karakter Yuda yang dimainkan sama Iko Uwais lumayan bagus, yang memang asalnya adalah atlet beladiri silat. Dia sudah lama tekun belajar di perguruan Silat Tiga Berantai Jakarta. Film arahan seorang Inggris karya Gareth Evans, yang sudah setahun tinggal di Indonesia dan sebelumnya pernah bikin film dokumenter berjudul Land of Moving Shadows tentang pencaksilat Indonesia.

Film Merantau sendiri digarap secara keroyokan yakni PT. Merantau Film dengan perusahaan dari Amrik Golden Network Asia Ltd. Film pertama produksi dari PT. Merantau Films ini, sebelum edar di Indonesia pernah diputar di ajang Hongkong Film Art dan Cannes Film Festival di Perancis tahun 2009.

Bukan cuma diperankan oleh pendatang baru saja, artis kenamaan seperti Christine Hakim yang berperan sebagai ibunya Yuda, dan Donny Alamsyah sebagai Udanya juga ikutan main. Film Merantau sendiri sekarang sudah tayang di bioskop 21 mulai dari 6 Agustus 2009 khususnya di Jakarta. Yang suka banget sama aksi kayak film Hongkong, di film “Merantau” ini kamu juga bisa lihat (merantau-movie.com).sp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s