ALHAMDULILLAH … TERIMAKASIH ALLAH

SKENARIO UNTUK KU..

Part 1


Pagi jakarta.. Hari ini hari pertamaku kuliah di kampus yang tidak kukenal dan ku suka..

Seperti biasanya… Aku yang selalu bangun siang

“Nak bangun dah siang.. Nanti telat ke kampusnya..

Cepet.. Kan hari ini,hari pertama kamu kuliahkan?

Kujawab dengan malas sambil bangkit dari kasurku

“Iya..bundah..”

Beberapa menit setelah mandi dan berkemas,sekarang tinggal aku berangkat ke kampus dengan supir pribadiku yang sudah siap.

Sesampainya di kampus

“What..!NI KAMPUS AKU PAK?

tanyaku kepada supir pribadiku..

“Iya neng bener di sinih ,gak salah kop”

Aku heran dan masih belum percaya

“Ko bisa sih bunda pilihin aku sekolah kaya begini.. “

Akupunkeluar dari mobil dan bergegas mencari tau tentang kampus ini dan mencari kelas baru ku..

Uhh sungguh aku masih belum percaya dan ini benar” jauh dari dugaan ku ,semua mahasiswanya bukan yang sebaya denganku melainkan ibu – ibu dan beberapa bapak”

Saat berjalan menuju ruang admin dan tanpa sengaja aku menabrak seseorang yang cukup tampan..

Bruk..”auw.. Sorry.. Gak sengaja..”

Namja itu melihatku dengan seksama dan berkata

“kamu gak papa?Anak baru yah..?”

Aku tetkejut melihat namja yang ganteng + alim itu.. Aku masih saja memandangi orang tersebut..

Dia membuayarkan lamunanku..

“Ehem..”

“Eh yah.. Aku gak papa kop?tau ruang adminstrasi!”

“Oh.. ada d sana”sambil menunjuk sebuah ruang kecil

“Oh .. Ok thank’s yah..”aku pergi berlalu..

Jam makan siang sudah tiba.. Aku yang masih canggung karena teman” ku bukan sebaya denganku.. Tapi mereka baik padaku.. Lihat saja mereka asik gokil – gokilan karena ada yang setel musik dangdut… Ini benar” seru  ,tak lama kemudian azan berkumandang tapi aku dan beberapa temanku pergi mencari makanan dan yang lainnya solat..

Ketika berjalan menuju warung ,entah kenapa kepalaku serasa pusing dan terlihat berputar di sekelilingku…

Dan bruuuk.. Ambruklah aku tak sadarkan diri…

Jam menunjukkan pukul 3 sore

Astaga… Aku dimana skarang…?terliat putih semua ruangan ini.Kepalaku pusing dan berat juga seperti ada bahan meliliti kepalaku..

Aku coba diam sejenak dan melihat sekeliling ruang ini dalam keadaan terbaring.. Aku amati pandanganku di sebuah kaca yang ada di pintu.. Bukankah itu orang yang kutabrak tadi pagi.. Dalam hati aku bertanya”

“Kenapa bajunya berlumuran darah?apa tadi dia nolongin aku.. Berarti kepalaku bocor donk! Pantes sakit banget”

Tak lama namja itu melihatku dan masuk..

“Kamu dah siuman..? Gimana! Sudah baikkan?”

Ku jawab dengan menganggukkan kepalakepala

“Sebentar lagi Orang tuamu datang,jadi jangan khawatir yah..”

Sambilsenyum ku balas “ya.. Makasih yah kak… Mau nolongin aku.. Mang tadi aku kenapa yah?”

kutersenyum dan berkata “kamu tadi pingsan trus jatoh kebentur batu.. Mang kamu belum makan? Bisa sampe pingsan!”

“Iya kak aku belum makan dari pagi sampai siang”

Disela – sela kami berbincang datanglah bunda dan ayahku

Dengan muka yang cemas bunda bertanya

“kamu gak papa sayang? Mana lagi yang sakit selain kepala? Bunda khawatir sama kamu sayang?”

Dengan hangat bunda memelukku sedangkan ayah berbincang – bincang dengan namja yang menyelamatkanku..

Waktu terus bergulir namja kini berpamitan pulang dengan ayah dan bunda ,tapi ayah mencegahnya agar namja itu pulang bersama kami

Saat diperjalanan pulang ayah menyruh pak supir berhenti ke tempat mall dan ayah turun sendirian..

Entahlah apa yang mau ayah beli,tapi yang jelas ayah tidak lama membelinya dan bingkisan tersebut diberinya kepada namja itu sebagai tanda terimakasih…

Esok harinya aku berangkat kekampus seperti kemarin..

Aku berjalan menuju tangga kelas yang terletak di Samping masjid kampus,ku melihat ada seorang lelaki didepan kelas ku,oh ternyata dia…ku hampiri dan berkata

“Assalammualaikum kak.. Ada apa yah?kok di dePan aja.. Gak masuk..?”

“Waalaikumsalam enggak nih kakak mau bilang makasih atas apa yang ayah kamu kasih kemarin .. “

“Oh tuh.. Ya sama- sama kak ,kan kaka dah tolongin aku,lagi kmarin baju kakak berlumuran darah jadi ayah belikan baju buat kakak..”

“Em.. Ya udah klo gitu.. Makasih yah kakak mau kekelas dulu,salammualaikum”

“Walaikumalam”akupun berlalu Ke kelas.

Part 2

Hari ini hari pertama aku ikut acara LDKM di Cisaruwa Bogor..

Terdengar suara teriakan bunda dari bawah tangga

“Sayang.. Cepat jangan lama,nanti telat loh..”

Aku menyaut “iya.. Lagi pake sepatu”

Lekas itu akuberpamitan dengan orang tua dan pergi diantar supir dengan motor…

Sesampai di kampus

Ku hampiri teman-teman kelas ku

“Wets.. Gila,pada mau mudik bu… ?gembolannya segede jamban..”

“Sembarangan kamu.. Siapa bilang mau mudik… Orang mau pulkan”

Dengan gaya alay aku berkata “capedeh..Samiun keles..”

Tak lama kemudian Dosen datang dan mengabsen

Setelah semua di absen dan di cek barang bawaannya seluruh mahasisa di perbolehkan masuk bis

Aku duduk dengan ibu yang super rempong and ribet bu Sukarlis namanya

Baru aja nih pantat nempel sama bangku bis si ibu dah curhat perjuangan buat datang ke kampus  tadi pagi

Selesai dengerin cerita si ibu akub beristirahat sebentar dan 2 jam kemudian sampailah di vila.

Aku dan kawan-kawan hebo sendiri,kami selfie bersama triak triak gak jelas dan hal gila lainnya..

Aku pikir ibu – ibu gak bisa di ajak gokil – gokilan ternyata .. Mereka lebih gokil dari bayangan ku

Jam menunjukkan pukul 15 .00 di jadwal aku ada acara di vila inti.Aku pergi dengan teman – teman ke sana ,tak ku sangka ternyata kakak yang nolongin aku tempo hari ikut ke acara ini dan dia jadi panitia.. Waw… Keren…

Ku sapa dia “kakak..”

“Eh si ade.. Masuk – masuk ,silakan duduk.”

Dosen memulai acara dengan di dahului berdoa dan perkenalan setiap mahasiswa..

Dan bla bla bla… Sampailah acara break..

Aku yang saat itu sedang berhalangan dan tidak mengikuti shalat berjamaah.. Menunggu di luar sambil menikmati udara segar disore yang menjelang malam ini.. 

Lamunan ku hilang seketika ketika kakak nenegurku

“Kok diluar.. Ayo sholat..”

“Lagi halangan kak.. “

“Oh.. Ya udah .. Duluwan ya”

“Ok”

Acarapun berlanjut tapi karena aku dan teman temanku bosen dan juga dah ngantuk jadi pulang ke vila lebih awal,kami pamitan dengan panitia..

Sampai depan vila yang aku tinggal datanglah namja tersebut dengan mengendarai motor metic berwarna hitam bersama 2 temannya

“Kok udah pulang de…? Emang acaranya udahan…!”

Aku hanya menaikan bahu dan menggelengkan kepala dan berlalu begitu saja

Keesokan harinya akudn kawan-kawanku sudah tidak sabar untuk berjalan -jalan di pagi hari menikmati udara segar..

 Sambil berjalan keluar,di perjalanan aku ketemu dengan anak kampus yang lain,sebagian ada yang ingin kembali kevilla sebagian lagi sedang jalan – jalan .Aku yang sedang asik bercanda karena ketawa tidak jelas membuat orang di sekeliling aku,aku lihat sekeliling sejenak ku temukan wajah namja yang menolongku itu.Dia terlihat menertawakan aku yang sedang hebo bersama teman – temanku.. Kalo di perhatikan dengan jelas manis juga rupanya..

Hari mejelang siang kamipun bersiap – siap untuk pulang.Ketika sedang memasukkan barang ke bis aku tergelincir dari tangga villa,untunglah tidak jatuh karena ada yang menagkapku dan lagi – lagi namja tuh yang menyelamatkan ku

“Syukurlah.. Makanya lainkali hati – hati jangan terburu – buru,kalo bocor lagi gimana?rumah sakit di sini jauh!”

“Iya .. Maaf”

Ku teruskan menuju bis dan menaruh barang – barangku,semua sudah siap bernagkat ke jakarta.saat bis keluar dari villa aku melihat namja itu membonceng seorang wanita ,entahlah siapa dia.. Tapi entah mengapa juga aku kesal melihatnya berdua dengan wanita itu,dari pada kesal lebih baik aku tidur saja biar gak terasa juga sampai di jakata,ya seperti biasa aku di jemput oleh supir ke rumah…

Part 3

Posted in Uncategorized | Leave a comment

ALHAMDULLILLAH…. TERIMAKASIH ALLAH

SKENARIO UNTUKKU

Pagi ini aku sungguh malas dan putus asa,karena aku harus kuliah dikampus dan jurusan yang tidak aku inginkan.Yah… apa boleh buat ini mungkin sudah jalan takdirku…

Dengan rasa malas dan sebal juga galau aku paksakan kaki ini untuk berjalan menuju kampus…

ya Allah.. nih kampus atau bukan?.. jelek banget bangunannya… yang ada cuman ibu” dan beberapa bapak”..

aku sungguh terkejut melihatnya,sumpah … nih kampus bener” diluar dugaan aku…

seiring bejalannya waktu,aku sungguh berubah menjadi seorang wanita dewasa.. seperti teman – temanku yang usianya seperti ibuku..

Entah mengapa Allah sungguh memudahkan aku untuk menjadi guru,mulai dari presentasi di depan kelas,nilai,mahasiswa aktif dan lain”

Tapi ada satu yang menurutku itu sangat membentu ku menjadi orang yang alim seperti sekarang ini.. yaitu namja di kampusku.

Namja(laki-laki)itu 3 tahun diatas umurku dan dia adalah seniorku yang selalu mengajakku sholat dimasjid yang bersebelahan dengan gedung kampusku..

Awalnya gak sengaja lagi makan sambil jalan sedangkan di ajaran islam tuh dilarang ya sudah ditegurlah aku..

sambil jalan disampingku ” dek kalo lagi makan jangan jalan-jalan kaya kuda “

akupun berhenti makan cemilan “ah.. iya ka..”lalu aku berjalan menuju kelas

Esok harinya,jam makan siangpun tiba…

sambil jalan dengan teman – teman kelasku”ayo.. kita makan…”

tapi ada sebagian yang pamit sholat,selesai makan aku ditinggal sendirian karena aku makanya lelet..saat berjalan menuju kelas pemuda yang kemarin datang menegurku lagi

“kamu dah selesai makannya?sekarang tinggal sholatnya … ayo kita bareng..”

tapi aku balas denganberkatadenganberkata

” lagi halangan.”dan berlalu begitu saja

Suatu ketika aku sedang bercanda dengan ibu – ibu kelasku dan terjadilah persekutuan yang cukup menegangkan yaitu…

“eh tau gak belakangan ini ada yang ditegur senior melulu loh..,ini sibocah temen kita..”

“cie…..boleh donk traktir”

“hahaha.. ibu bisa aja nih..”

kakak senior datang dan memecahkan keseruan kita sedang bercanda…

“ehem… maaf sudah azan asar.. “

aku jawab aja dengan ketus

“bawel amat sih loe…”

kemudian disamber dengan dosen yang melintas

“kamu kalo dikasih tau jangan ngyel sama senior..”

akupun tertunduk dengan malu dan mengakui kesalahan ku

“iya pak.. maaf”

kemudian dosen menyuruhku untuk sholat  bersama senior yang menegurku tadi

“ayo kamu sekarang sholat dengan seniormu itu..”

dengan rasa malu aku ber jalan dibelakang senior menuju tempat wudu.Tak ku sangka selesai ku wudu dan menuju pintu masjid rupanya senior itu sudah berada tepat di depan ku..

” sudah wudunya..?”tanyanya ,kujawab dengan menganggukan kepala .Sambil jalan masuk ke masjid dalam hati berkata

“nih orang bener-bener mantau aku yah…!padahal bukan maling.. apalagi koruptor,cuman males sholat doank..”

kami sholat dengan pembantas kain putih dan pagar kecil di dalam masjid.

Seperti suami istri saja… padahal cuman melanggar aturan sepeleh ini doank aja.. jadi panjang urusannya..

Kamipun selesai sholatnya dan duduk bersebelahan saat memakai sepatu .Senior itu berkata

“Kamu masih muda jangan banyak males… apalagi males ibadah.. mang kamu g takut neraka..?coba dikit – dikit di ubah yah..”

sue.. sue aku dirukiah sama dia senior alim.. dengan rasa yang males untuk menjawab

“iya kak .. makasih..”kemudian aku pergi begitu saja..

Kini setiap hari aku disuruh dosen untuk sholat bareng seniorku itu,bahkan sampai sekarang akupun belum mengetahui siapa namanya.. Dosen melakukan ini karena ku termasuk anak yang pintar dikelas dan termuda di kelas,dosen hanya tidak mau mahasiswanya pintar tanpa ada tiang kepercayaan yang jelas seperti pepatah ilmu tanpa agama seperti orang buta dan agama tanpa ilmu seperti lumpuh..

Entah mengapa aku mulai tertarik pada senior itu hingga kutanya seputar info tentang dirinya.. ternyata dia adalah mahasiswa yang pintar,rajin,sholeh,berbakat dah pokoknya sempurna banget..

kini aku tau kenapa dia seperti itu ,memang sudah tugas dia menjadi mahasiswa yang disiplin dan sholeh untuk mengatur dan mengajak mahasiswa yang lain yang bisa dibilang badung… seperti aku ini..

Ya Allah sunggu mulia Engkau ini.. dengan berbagai cara agar aku bisa menjadi wanita sholeha dan ingat kembali kepaada-Mu.. Juga Sungguh Indah Ciptaan-Mu itu Allah.. seorang namja yang aku kagumi hingga saat ini..

Karena dia aku jadi rajin sholat,makin sopan,penampilan berubah dan tambah alim..

Tapi kini senior cuman mengucapkan tanda perpisahan karena sudah lulus S1 dan mungkin akan sulit ketemunya..

Padahal baru jadi orang alim gara-gara dia..,ya sudah lah.. selesai kita berbincang -bincang cukup lama aku memberikan kado untuk kenang-kenagan kepadanya.. yaitu sebuah tasbih dan Al-Quran dengan Sajadah berwarna Hijau dan biru..,

Tak kusangka diapun memberiku Hadiah.. dia kemudian merukiahkan aku lagi dan ceramahin aku lagi mungkin untuk terkhirkalinya..

Dalam hati aku berkata..

“alhamdulillah karena-Nya aku sekarang lebih baik dan berkat-Nya aku merasakan indahnya jatuh cinta ala islam ..

Andai saja aku bisa lebih lama dengannya..

hari ini kau lulus S1 kemudian kerja cari uang sebanyak mungkin dan menjadi namja yang mapan,lalu aku lulus S1 Diberi hadiah yang indah… lebih indah dari mukena dan Al -Quran yang kau kasih yaitu Ta’aruf denganku… Amin..”

Bersambung…

KARYA SUCI LIDIANINGRUM…

13 /6/2015

Posted in Uncategorized | 1 Comment

Kerangka Skripsi

SISTEMATIKA PROPOSAL SKRIPSI S-1 PGSD
(KUANTITATIF : Eksperimen)

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
( Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode penelitian karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR DAN HIPOTESIS

A. Tinjauan Pustaka
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan baik dari sumber primer [biasanya dari jurnal] maupun dari sumber sekunder [buku atau sumber lain])

B. Kerangka Berpikir
(Uraikan secara jelas keterkaitan antara variabel yang diteliti sehingga tergambar benang merah/hubungan antara variabel yang diteliti)

C. Hipotesis
(Cantumkan hipotesis penelitian beserta hipotesis statistik disertai dengan kriteria pengujiannya)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Rancangan dan Metode Penelitian
( Uraikan metode apa yang digunakan misal eksperimen, uraikan jenis desain yang dipilih misalnya : kuasi eksperimen serta uraikan alasan pemilihan metode tersebut )
C. Variabel dan Definisi Operasional Variabel
(Uraikan setiap variabel [bukan seluruh kata pada judul] yang diteliti secara operasional/teknis secara jelas sampai tergambar indikator tiap variabel yang diteliti )

D. Populasi dan Sampel Penelitian
( Uraikan populasi penelitian, teknik sampling dan sampel penelitiannya )
E. Pengukuran dan Pengamatan Variabel Penelitian
(Uraikan secara jelas jenis instrumen yang digunakan, proses pengembangan dan uji coba instrumen, serta hasil uji coba instrumen)
F. Teknik Pengumpulan Data
(Uraikan seluruh teknik pengumpulan data yang digunakan beserta peruntukannya dan alasan memilih teknik tersebut)
G. Teknik Pengolahan dan Analisis Data
(Uraikan seluruh teknik analisis data yang digunakan beserta rumus statistiknya dan disertai kriteria kebermaknaannya)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Penelitian
1. Hasil Kegiatan Pembelajaran
(Disarankan untuk menguraikan hasil penelitian bukan hanya data hasil eksperimen yang diolah secara statistik deskriptif melainkan pula gambaran proses pelaksanaan eksperimen dan fokus ke rumusan masalah)

2. Analisis Data Penelitian
1. Pengujian Prasyarat Analisis
2. Pengujian Hipotesis
3. Analisis Data Kualitatif (jika ada)
(Proses perhitungan sebaiknya tidak dicantumkan pada bagian ini melainkan cukup dilampirkan sebagai lampiran skripsi)

B. Pembahasan Hasil Penelitian
(Bahas hasil penelitian berdasarkan progres keberhasilan tiap eksperimen, kedudukan hasil penelitian dengan teori dan hasil penelitian sebelumnya, serta kelemahan penelitian atau rekomendasi terhadap penelitian selanjutnya), dan fokus ke rumusan masalah.
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS

SISTEMATIKA PROPOSAL SKRIPSI PGSD
(PENELITIAN KUALITATIF: Studi Kasus)

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
DAFTAR LAMBANG DAN ISTILAH (Jika Diperlukan)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Fokus Masalah
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
( Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode penelitian karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Desain dan Metode Penelitian
C. Instrumen Penelitian
D. Sumber Data
E. Prosedur Pengumpulan Data dan Perekaman Data
F. Analisis Data dan Triangulasi
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Gambaran Pelaksanaan Penelitian
2. Analisis Data Penelitian
3. Peningkatan Keabsahan Hasil Penelitian
B. Pembahasan (fokus ke pertanyaan penelitian)
(Mencakup pemaknaan hasil penelitian dan temuan penelitian)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS

SISTEMATIKA PROPOSAL SKRIPSI PGSD
( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
DAFTAR LAMBANG DAN ISTILAH (Jika Diperlukan)

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
(Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode penelitian, karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)
BAB II KAJIAN PUSTAKA

A. Tinjauan Pustaka
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan yang berasal dari sumber sekunder [buku atau sumber lain])

B. Penelitian Yang Relevan
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan primer [biasanya dari jurnal atau hasil penelitian sebelumnya] yang relevan dengan penelitian yang dilaksanakan. Uraian pada bagian ini bukan berasal dari hasil penelitian terdahulu yang sama melainkan yang memiliki relevansi dengan penelitian kita sebagai bukti bahwa penelitian kita bukan plagiat penelitian sebelumnya.)

C. Hipotesis Tindakan
BAB III METODE PENELITIAN

A. Subyek Penelitian
(Uraikan subjek penelitian beserta alasannya pemilihannya)

B. Desain dan Metode Penelitian
(Uraikan metode apa yang digunakan [PTK] beserta alasan pemilihannya, uraikan jenis desain yang dipilih [misal Kemmis dan Targart] disertai uraian singkat tentang jumlah siklus, jumlah tindakan per siklus dan gambaran pelaksanaan pada tiap-tiap tahapan siklus)

C. Definisi Operasional
(Uraikan setiap fokus/variabel penelitian [bukan seluruh kata pada judul] yang diteliti secara operasional/teknis secara jelas sampai tergambar indikator tiap variabel yang diteliti.)

D. Instrumen Penelitian
(Uraikan secara jelas jenis instrumen yang digunakan dan peruntukan instrumen tersebut beserta alasan penggunaan instrumen tersebut. Pada bagian ini bukan mencantumkan instrumen jadi melainkan hanya menguraikan indikator, subindikator, dan pedoman penilaiannya [misalnya skoring rubrik]. Instrumen jadi cukup dilampirkan pada bagian lampiran skripsi)

E. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data
(Uraikan seluruh teknik pengumpulan data yang digunakan beserta peruntukannya dan alasan memilih teknik tersebut)
(Uraikan seluruh teknik analisis data yang digunakan beserta tahapan analisisnya dan uraikan pula teknik triangulasi/teknik lain yang digunakan untuk meningkatkan keabsahan hasil penelitian)

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Penelitian*)
1. Siklus Pertama
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi

2. Siklus Kedua
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi

3. Siklus Ketiga
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi

(Pada bagian ini sebaiknya hasil penelitian tiap siklus diuraikan secara terpadu dan jelas mencakup gambaran proses pelaksanaan penelitian, gambaran hasil penelitian, dan gambaran refleksi hasil penelitian pada tiap siklusnya).

B. Pembahasan

(Pembahasan sebaiknya diuraikan secara jelas dan komprehensif dengan menekankan diri pada keberhasilan dari siklus ke siklus [termasuk di dalamnya kajian per indikator], keberhasilan berdasarkan hasil triangulasi hasil penelitian, dan kedudukan penelitian berdasarkan teori ataupun hasil penelitian sebelumnya.), dan fokus ke rumusan masalah
BAB V SIMPULAN DAN SARAN

A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS
*) Keterangan PTK wajib dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 3 tindakan pada masing-masing siklus.mM
Menurut Saya yang paling baik dari macam-macam kerangka yang paling simpel ini…

Posted in Uncategorized | Leave a comment

PEDOMAN SKRIPSI

Cover.
Halaman Pengesahan.
Halaman Judul.
Halaman Persembahan.
Kata Pengantar.
Abstrak.
Daftar Isi.

Pada Bagian Akhir sebagai berikut:

Daftar Pustaka.
Lampiran

Semua kutipan sumber harus dicantumkan dalam daftar pustaka baik dari buku maupun jurnal. Sistematika penulisan bagian isi skripsi dan tesis umumnya memiliki dua model sistematika penulisan yaitu Model Sistematika A dan Model Sistematika B. Kedua sistematika masing-masing banyak digunakan sebagai berikut:

Sistematika A

BAB I PENDAHULUAN
Pada BAB ini disajikan Latar Belakang, Permasalahan, Perumusan Masalah, Kerangka Pemikiran, Tujuan penelitian, Manfaat penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Pada BAB ini disajikan tentang teori-teori yang berhubungan dengan fakta atau kasus yang sedang dibahas. Disamping itu juga dapat disajikan mengenai berbagai asas atau pendapat yang berhubungan dan benar-benar bermanfaat sebagai bahan untuk melakukan analisis terhadap fakta atau kasus yang sedang ditiliti pada BAB IV.
BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini menyajikari secara sederhana langkah-langkah penelitian yang dilakukan. Dalam BAB ini diketengahkan antara lain Metode Pendekatan Masalah, Spesifikasi Penelitian, Populasi dan Metode Penentuan Sampel, Hipotesa (kalau ada), Metode Pengumpulan Data dan Metode Analisis Data.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Di dalam BAB ini data atau informasi hasil penelitian diolah, dianalisis, ditafsirkan, dikaitkan dengan kerangka teoritik atau kerangka analisis yang dituangkan dalam BAB II sehingga jelas bagaimana data hasil penelitian dapat menjawab permasalahan dan tujuan pembahasan dalam kerangka teoritik yang telah dikemukakan terdahulu. Apakah terarah pada pengujian kerangka teoritik atau penjelasan kontekstual masalah yang menjadi permasalahan dan tujuan pembahasan bersangkutan.
BAB V PENUTUP
BAB ini merupakan kristalisasi dari semua yang telah dicapai di pada masing-masing BAB sebelumnya. Tersusun atas Kesimpulan dan Saran.

Sistematika B

BAB I PENDAHULUAN
Pada BAB ini disajikan Latar Belakang Permasalahan, Perumusan Masalah, Kerangka Pemikiran, Tujuan, Manfaat, Metode Penelitian (Metode Pendekatan Masalah, Spesifikasi Penelitian, Metode Penentuan Sampel, Hipotesa, Metode Pengumpulan Data serta Metode Analisis Data) dan Sistematika Penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Pada BAB ini disajikan tentang teori-teori yang berhubungan dengan fakta atau kasus yang sedang dibahas. Disamping itu juga dapat disajikan mengenai berbagai asas atau pendapat yang berhubungan dan benar-benar bermanfaat sebagai bahan untuk melakukan analisis terhadap fakta atau kasus yang sedang ditiliti pada BAB IV.
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Di dalam BAB ini data atau informasi hasil penelitian diolah, dianalisis, ditafsirkan, dikaitkan dengan kerangka teoritik atau kerangka analisis yang dituangkan dalam BAB II sehingga jelas bagaimana data hasil penelitian dapat menjawab permasalahan dan tujuan pembahasan dalam kerangka teoritik yang telah A. BAGIAN AWAL

1. halaman sampul depan halaman sampul depan merupakan sampul dari skripsi yang memuat secara berurutan
– Tulisan SKRIPSI
– Judul SKRIPSI
– Logo universitas
– Nama lengkap mahasiswa tanpa NIM
– Tempat pendidikan
– Tahun SKRIPSI diajukan judul dibuat singkat, tepat, logis dan informatif (maksimum 12 kata)

2. Halaman Sampul
Dalam Isi halaman sampul dalam sama dengan sampul depan, tetapi dibuat diatas kertas putih yang sama dengan kertas naskah atau materi SKRIPSI, disertai NIM

3. Halaman Pengesahan
Halaman ini merupakan lembar pengesahan SKRIPSI oleh dekan. halaman ini memuat tanggal SKRIPSI diujikan dengan nama penguji SKRIPSI

4. Halaman pernyataan penelitian original Memuat lembar pernyataan penelitian original berarti tidak melakukan tindak plagiat

5. Halaman Persetujuan Merupakan lembar persetujuan SKRIPSI oleh pembimbing SKRIPSI dan ketua departemen sesuai temapat mahasiswa mengambil bidang penulisan SKRIPSI

6. Kata Pengantar
Diawali dengan kalimat yang dapat mengantarkan pembaca untuk tertarik terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan. halaman ini juga memuat penyampaian rasa terimakasih pembuat SKRIPSI kepada mereka dan pihak tertentu yanng telah membantu penelitian

7. Abstrak Merupakan penjelasan singkat dan lengkap dari keseluruhan informasi pada setiap unsur yang ada dalam SKRIPSI. jumlah kata antara 200-300

8. Daftar Isi

9. Daftar Tabel, Gambar, Lampiran, Arti Lambang, Singkatan dan Istilah

B. BAGIAN INTI

BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Pembatasan dan Rumusan Masalah

BAB II Tujuan dan Manfaat
2.1 Tujuan Umum
2.2 Tujuan Khusus
2.3 Manfaat Penelitian

BAB III Kerangka Konsep dan Hipotesis

BAB IV Metode Penelitian

BAB V Hasil Penelitian

BAB VI Pembahasan

BAB VII Kesimpulan dan Saran
8.1 Kesimpulan
8.2 Kritik dan Saran

BAB VIII Daftar Pustaka

BAB IX Lampiran

Demikian yang bisa saya berikan dikesempatan kali ini untuk anda semua yang sedang ingin mengetahui struktur dan tata cara menyusun skripsi yang baik dan betul juga benar. Semoga ini dapat membantu anda dalam menyusun dan mengetahui krangka-kerangka skripsi. Terima kasih atas kunjungannya di blog saya.

terdahulu. Apakah terarah pada pengujian kerangka teoritik atau penjelasan kontekstual masalah yang menjadi permasalahan dan tujuan pembahasan bersangkutan.
BAB IV PENUTUP
BAB ini merupakan kristalisasi dari semua yang telah dicapai di pada masing-masing BAB sebelumnya. Tersusun atas Kesimpulan dan Saran-saran

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hubunga Penerangan dan Penyiaran islam dengan Dakwa

BAB I
KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah swt, karena atas limpahan rahmatnya, sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan dan telah rampung.
Makalah ini berjudul“HUBUNGAN PENERANGAN DAN PENYIARAN ISLAM DENGAN DAKWAH”. Dengan tujuan penulisan sebagai sumber bacaan yang dapat digunakan untuk memperdalam pemahaman dari materi ini.
Selain itu, penulisan makalah ini tak terlepes pula dengan tugas mata kuliah Penerangan dan PenyiaranIslam”
Namun penulis cukup menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun.
Sekian Terimakasih.

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Kata Pengantar ………………………………………………………
Daftar Isi …………………………………………………………
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Penerangan dan Penyiaran Islam…………………………………..
B. Pengertian Dakwah ……………………………………………………
BAB III PENUTUP
Kesimpulan …………………………………………………………

BAB II

Pengertian Penerangan dan Penyiaran Islam

Penerangan :Memperjelas dari apa yang kurang jelas dan membuat yang gelap tidak terlihat menjadi kelihatan.
Sedangkan penyiaran :Penyampaikan yang sesuai dengan ajaran islam termasuk di dalam al quran dan hadis.

Pengertian Dakwa
Dakwa :
Islam adalah agama dakwa dalam ajaran islam dakwa merupakan fardu ain.
Dakwa merupakan ajakan atau seruan untuk mengajak kepada sekelompok orang utuk mengikuti dan mengamalkan ajaran juga nilai – nilai islam dalam kehidupan sehari-hari.

BAB III

Jadi,hubungan antara penerangan dan penyiaran islam dengan dakwa yaitu sebagai alat pengantar atau alat komunikasi kepada orang lain atau kelompok lain.Dapat disimpulkan bahwa dakwa adalah alat atau cara untuk menyampaikan penerangan dan penyiaran islam.di muka bumi dengan berbagai tujuan yang mulia.pengantar atau alat komunikasi  kepada orang lain atau kelompok lain.Dapat disimpulkan bahwa dakwa adalah alat atau cara untuk menyampaikan penerangan dan penyiaran islam di muka bumi dengan berbagai tujuan yang mulia.

KURANG LEBIH SEPERTI INILAH PENDAPAT SAYA DARI APA YANG SAYA CERMATI DAN PAHAMI DARI PENJELASAN DOSEN DI KAMPUS

SEKIAN TERIMAKASIH…..

Posted in Uncategorized | Leave a comment

acara manasik haji di pondok gede dan tmii

sebelum di mulai

sebelum di mulai

IMG0122A IMG0125A IMG0129A IMG0160A IMG0130A IMG0132A IMG0135A IMG0161A

Posted in Uncategorized | Leave a comment

anak 4 DSC_8064 k uci

Posted in Uncategorized | Leave a comment