SEJARAH SINGKAT TNI

Awal sejarah terbentuknya

Pada tanggal 22 agustus 1945 nama awal dari TNI yaitu Badan Keamanan Rakyat atau BKR

Berubah nama untuk pertama kali yaitu TKR atau tentara keamanan rakyat pada tanggal 5 Oktober 1945

Berubah nama kembali dengan nama TRI tentara republik indonesia di tanggal 23 januari 1946

Tanggal 3 Juni 1947 nama TRI menjadi TNI atau sering disebut sebagai Tentara Replubik Indonesia

Belum sampai disitu perubahan nama TNI pada tahun 1962 dimana TNI  dan Porli bergabung dengan sebutan ABRI atau yang disebut Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

Setelah itu kembali dengan nama TNI dan resmi memisah dari PORLI atau ABRI pada tanggal 1 April 1999

TNI atau Tentara Republik Indonesia terdiri dari 3 angkatan yaitu

Angkatan Laut

Jalesveva Jayamahe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Buku Jalesveva Jayamahe: lukisan selajang pandang tentang keadaan A.L.R.I. kita dalam usia 15 tahun.

Motto atau seruan TNI Angkatan Laut Indonesia adalah: “Jalesveva Jayamahe” yang seringkali diterjemahkan dengan kalimat: “Di Lautan Kita Jaya”.

Motto ini sebenarnya berasal dari jaman Majapahit, dimana Angkatan laut nya sering memakai kata ini untuk membangkitkan semangat.

Sebenarnya ungkapan ini berasal dari Bahasa Sanskerta; “Jales.eva Jayamahe” dan bisa dianalisa sebagai berikut:

  • jales.veva terdiri dari dua bagian: jales.u dan eva. Jales.u berasal dari kata dasar jala (maskulinum) yang berarti air dan jales.u adalah bentuk pluralis, lokativus dan secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai: “di air-air”.
  • eva adalah sebuah partikel emfatik dan bisa diterjemahkan dengan kata “-lah”.
  • jayamahe, berasal dari kata kerja (verbum), ji, yang dikonjugasi menurut waktu presens, persona ketiga pluaralis dalam modus indikatif dan secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai: “kita berjaya”.

Jadi kalimat ini secara harafiah artinya adalah: “Di air-airlah kita berjaya!”

Angkatan Udara

Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU) adalah bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara yang disingkat KASAU yang pada saat ini dijabat oleh Marsekal Imam Sufaat. Saat ini TNI-AU memiliki dua komando operasi yaitu Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) yang bermarkas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Komando Operasi Angkatan Udara II (Koops AU II) yang bermarkas di Makassar.

Semboyan TNI-AU adalah bahasa Sanskerta Swa Bhuwana Paksa yang berarti “Sayap Pelindung Tanah Airku”.

Tentara Nasional Indonesia
Angkatan Udara
Lambang TNI AU.png

Lambang Tentara Nasional Indonesia
Angkatan Udara
Dibentuk 9 April 1946
Negara  Indonesia
Tipe unit Angkatan Udara
Jumlah personil 34.000[1] (2011)
Bagian dari Tentara Nasional Indonesia
Moto Swa Bhuwana Paksa
(bahasa Sanskerta: “Sayap Pelindung Tanah Airku”)
Pesawat dan helikopter 631[2] (2012)
Situs web www.tni-au.mil.id

(http://id.ariandrasurabaya.wikia.com/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Udara)

Angkatan Darat

Kartika eka paksi merupakan semboyan dari TNI AD yang berasal dari bahasa Sanskerta atau Jawa kuno yang diadopsi menjadi lambang pada panji TNI AD. Kartika artinya bintang, eka punya arti satu, dan paksi berarti burung. Kemudian dipadukan dan punya arti prajurit gagah perkasa tanpa tanding yang menjunjung cita-cita tinggi, yaitu keluhuran nusa bangsa serta keprajuritan sejati.

(https://www.brilio.net/news/ini-arti-kalimat-kalimat-sansekerta-yang-perlu-kamu-tahu-150926y.html)

 

Advertisements
Posted in Uncategorized | Leave a comment

TEGAL

Hallo semuanya….

Jumpa lagi kita….

Kali ini admin akan nge pots tempat – tempat bagus dan indah nih guys…

siapa tau ada yang ingin kesana atau memang tinggal di daera tersebut tapi belum tau klo ada tempat sebagus itu…

OK Kita mulai …

Kota Tegal

Terdapat banyak sekali tempat wisata yang kudu, mesti, harus, dan wajib kita jelajahi nih…

Musium Bahari

Dimana musium tersebut ada beberapa kendaraan dan alat perang pada jaman dahulu dan buatan luar negeri…

masuknya murah kop cuman Rp. 2000,- saja…

dengan tema kapal perang, terdapat beberapa kendaraan yang bisa untuk foto – foto nih..

ada tank, alat penembak rudal, pesawat dll

Tapi … sebelum kita ke musium bahari ada tempat sejenis tugu dan bangunan tua TNI AL nih… deket kantor pos dan kantor DPRD

DAN ternyata bayar tiket awal gak cuman untuk musium tapi untuk ke…

PANTAI ALAM INDAH…

Asli di sana lagi banyak baby crab alias anak kepiting yang baru aja netas nih… lucu.. yah kalo di bilang cukup bagus pemandangannya meksi masih belum tertata rapi… (klo menurut GW)

LANJUT GUYS…

Jalan – jalan admin gak sampai di situ saja kita juga ke tempat dimana klo kalian ke kota Tegal naik kereta dekeeeetttt banget namanya Alun – Alun Kota Tegal…

admin saranin klo mau main kesini tuh malam – malam lebih seru….

dan ada masjidnya juga nih buat yang muslim bisa sholat di sana

dan ada keistimewaannya lagi yaitu lalulintasnya…

semua yang melintas dan pengendara apapun itu patuh sangat yang namanya rambu – rambu lalulintas…  padahal polisi di sana gak mantengin loh…

Gak kaya di jakarta trotoar aja di pake buat yg berkendaraan dah di tegor galakan yang salah pula…

PEMALANG

Mumpung di jawa admin mampir kerumah sodara nih yang di pemalang… ternyata di sana juga ada pantai yang sangat panjang dan sayang tidak terawat… nama tempatnya tuh sama kaya lagu era 70 -80an gitu…

Lagunya hmm.. klo gak salah..

widuri… engkau elok bagai….

apalah gak tau kelanjutannya… yang jelas

namanya PANTAI WIDURI…

Disana juga ada kolam renang kaya water park gituh… cuman ada yang udah gak di pake alias gak berfungsi lagi tapi di diemin gitu aja..

kebetulan di pemalang admin mampir kesawah orang hehehe.. maklum anak kota…

norak dikit gak papalah..

yang gak pernah gw tau adalah ternyata ada ternak udang n situs tersembunyi disini …

IMG-20180711-WA0043.jpg

Jangan lupa karena kita orang asing disana harus misi – misi dan salam pada penunggu disana dan tetep jaga kebersihan yah.. klo berkunjung…

ok sekian dulu dari admin tentang jalan – jalan tegal dan pemalang ….

lanjut di episode berikutnya

see u…..

foto : @karindacitra @succilidya

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hubunga Penerangan dan Penyiaran islam dengan Dakwa

BAB I
KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah swt, karena atas limpahan rahmatnya, sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan dan telah rampung.
Makalah ini berjudul“HUBUNGAN PENERANGAN DAN PENYIARAN ISLAM DENGAN DAKWAH”. Dengan tujuan penulisan sebagai sumber bacaan yang dapat digunakan untuk memperdalam pemahaman dari materi ini.
Selain itu, penulisan makalah ini tak terlepes pula dengan tugas mata kuliah Penerangan dan PenyiaranIslam”
Namun penulis cukup menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun.
Sekian Terimakasih.

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Kata Pengantar ………………………………………………………
Daftar Isi …………………………………………………………
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Penerangan dan Penyiaran Islam…………………………………..
B. Pengertian Dakwah ……………………………………………………
BAB III PENUTUP
Kesimpulan …………………………………………………………

BAB II

Pengertian Penerangan dan Penyiaran Islam

Penerangan :Memperjelas dari apa yang kurang jelas dan membuat yang gelap tidak terlihat menjadi kelihatan.
Sedangkan penyiaran :Penyampaikan yang sesuai dengan ajaran islam termasuk di dalam al quran dan hadis.

Pengertian Dakwa
Dakwa :
Islam adalah agama dakwa dalam ajaran islam dakwa merupakan fardu ain.
Dakwa merupakan ajakan atau seruan untuk mengajak kepada sekelompok orang utuk mengikuti dan mengamalkan ajaran juga nilai – nilai islam dalam kehidupan sehari-hari.

BAB III

Jadi,hubungan antara penerangan dan penyiaran islam dengan dakwa yaitu sebagai alat pengantar atau alat komunikasi kepada orang lain atau kelompok lain.Dapat disimpulkan bahwa dakwa adalah alat atau cara untuk menyampaikan penerangan dan penyiaran islam.di muka bumi dengan berbagai tujuan yang mulia.pengantar atau alat komunikasi  kepada orang lain atau kelompok lain.Dapat disimpulkan bahwa dakwa adalah alat atau cara untuk menyampaikan penerangan dan penyiaran islam di muka bumi dengan berbagai tujuan yang mulia.

KURANG LEBIH SEPERTI INILAH PENDAPAT SAYA DARI APA YANG SAYA CERMATI DAN PAHAMI DARI PENJELASAN DOSEN DI KAMPUS

SEKIAN TERIMAKASIH…..

Posted in Uncategorized | Leave a comment

My Suci L

My Suci L

Dengan sodara di hari ultah yg k 17

Image | Posted on by | Leave a comment

HAK ANAK

Anak harus mendapatkan HAKnya dari sekian banyak hak anak dapat di simpulkan bahwa

1.ANAK BERHAK BERMAIN

2.ANAK BERHAK MENDAPATKAN PENDIDIKAN

3.ANAK BERHAK MENDAPATKAN PERLINDUNGAN

4.ANAK BERHAK MEMPUNYAI NAMA

5.ANAK BERHAK MEMILIKI KEBANGSAAN

6.ANAK BERHAK MENDAPAT MAKANAN

7. ANAK BERHAK MENDAPATKAN KESEHATAN

8.ANAK BERHAK BEREKREASI

9. ANAK BERHAK MENDAPATKAN PERSAMAAN

10. ANAK BERHAK MENDAPATKAN PERAN DALAM PEMBANGUNAN

 

YANG MEMBEDAKAN ANAK DENGAN ORANG DEWASA ADALAH UMUR YAITU JIKA MEREKA BERUSIA DI BAWAH 18 TAHUN DISEBUT ANAK JIKA DI ATAS 18 TAHUN DI SEBUT ORANG DEWASA

Posted in Uncategorized | Leave a comment